Header Ads

Header ADS

Cek Fakta: Mencegah Kulit Melepuh dengan Es Batu

 

Selama ini banyak orang mengira dengan mengoleskan es batu ke luka bakar dapat mencegah kulit melepuh. Alasannya, suhu dingin dari es batu dipercaya bisa membuat luka membaik. 

Faktanya, ini merupakan informasi yang keliru. Menempelkan es batu pada luka bakar, justru bisa merusak jaringan kulit. Sebab es batu umumnya memiliki suhu 0-4 derajat Celcius. Suhu dingin tersebut justru bisa menghentikan peredaran darah serta menyebabkan radang dingin (frostbite).  

Simak fakta berikut ini!

Es Batu Dapat Memperburuk Luka Bakar

Penggunaan es batu pada kulit yang mengalami luka bakar bisa menyebabkan radang dingin. Ini merupakan kondisi cedera pada kulit, yang disebabkan oleh pembekuan kulit dan jaringan di bawahnya, akibat suhu dingin. 

Seperti diketahui, luka bakar sudah membuat kulit rusak dan berisiko mengalami lepuh. Nah, mengaplikasikan sesuatu yang dingin, justru bisa memperburuk kondisi luka bakar yang kamu alami. Selain itu, suhu dingin dari es batu bisa mengakibatkan masalah aliran darah. Di mana tak jarang, ini bisa membuat aliran darah terhenti secara permanen. 

Bahaya Es Batu untuk Kulit Wajah

Selain pada kasus luka bakar, tak sedikit orang yang menggunakan es batu untuk mengatasi masalah pada kulit wajah. Misalnya saja untuk mengurangi bengkak di kantung mata, serta mengecilkan pori-pori. Mulai sekarang, kamu harus berhati-hati, ya. Sebab menggunakan es batu di kulit wajah juga berisiko merusak kulit, diantaranya: 

  • Menyebabkan pembuluh kapiler wajah pecah. Kondisi ini ditandai dengan sensasi rasa sakit dari wajah hingga kepala. 

  • Memicu terjadinya iritasi kulit wajah. Penggunaan es batu membuat sirkulasi darah di area sekitar wajah menurun, sehingga mudah terjadi iritasi. 

Apa yang Harus Dilakukan saat Mengalami Luka Bakar? 

Tindakan yang bisa kamu lakukan tergantung dari seberapa parah luka bakar yang dialami. Untuk itu, penting bagi kamu mengetahui apakah luka yang terjadi masuk dalam kategori ringan atau berat. 

Luka bakar yang ringan biasanya membuat kulit mengalami kemerahan, hingga bengkak ringan. Sedangkan luka bakar berat, biasanya disertai dengan cedera pada jaringan lunak. 

1. Luka bakar ringan

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menangani luka bakar ringan.

  • Alirkan air biasa atau air dingin, tetapi dengan suhu yang tidak terlalu rendah, selama kurang lebih 10 menit. Jika luka bakar terjadi di area wajah, kamu bisa oleskan kain basah yang dingin, hingga sakitnya mereda. Jika terdapat sensasi rasa terbakar di mulut karena makanan atau minuman panas, masukkan sepotong es ke dalam mulut selama beberapa menit, hingga rasa tidak nyaman mereda. 

  • Lepaskan cincin atau barang ketat lainnya pada area yang terbakar. Lakukan secara lembut dan perlahan, sebelum area tersebut mengalami bengkak. 

  • Jangan pecahkan lepuh, supaya tidak terjadi infeksi. Jika lepuh pecah dengan sendirinya, segera bersihkan area tersebut menggunakan air dan oleskan salep antibiotik. 

  • Setelah luka bakar terasa dingin, oleskan losion yang mengandung bahan alami seperti lidah buaya. 

  • Luka bakar sebaiknya ditutup dengan perban bersih. Pasang perban sedikit longgar, untuk menghindari tekanan pada kulit yang terbakar. Perban akan membuat udara keluar dari area tersebut, sehingga rasa sakit bisa mereda. 

  • Apabila terdapat nyeri, kamu bisa gunakan obat untuk luka bakar. 

2. Luka bakar berat

Luka bakar berat membutuhkan penanganan segera di rumah sakit. Tapi sambil menunggu bantuan medis datang, kamu bisa lakukan beberapa cara berikut ini sebagai pertolongan pertama: 

  • Pastikan sumber luka bakar tidak tersentuh orang atau benda lainnya. 

  • Jika luka disebabkan karena listrik, pastikan sumber listrik sudah dalam kondisi mati. 

  • Jangan melepaskan pakaian yang tersangkut pada luka bakar, karena bisa memicu luka lebih dalam. 

  • Lepaskan perhiasan, ikat pinggang, dan barang ketat lainnya, karena luka bakar bisa membengkak dengan cepat. 

  •  Tutup luka bakar dengan kain kasa atau kain bersih. 

Itulah fakta seputar mencegah kulit melepuh dengan es batu serta penanganan luka bakar yang benar. Segera konsultasi ke dokter jika luka bakar yang kamu alami semakin parah. 

Sumber : halodoc.com


No comments

Powered by Blogger.