Header Ads

Header ADS

Jalur Padang-Bukittinggi via Lembah Anai Resmi Dibuka

 

Jalan Padang-Bukittinggi via Lembah Anai yang sempat terputus akibat bencana alam beberapa waktu lalu, telah resmi dibuka untuk umum pada Minggu 21 Juli 2024. Namun, pengendara diminta berhati-hati melintasi jalur yang terkenal dengan keindahan alamnya ini karena beberapa titik jalan masih dalam proses pengerjaan.

Kasat Lantas Polresta Padangpanjang, Iptu Afrizal Sahar mengingatkan bahwa saat ini baru kendaraan roda dua hingga enam yang diizinkan melintas. Untuk kendaraan sumbu tiga ke atas, belum diizinkan karena menurut pihak HKI proses pengerjaan jalan belum sepenuhnya selesai.

Dengan dibukanya jalur Lembah Anai ini, diharapkannya dapat menghidupkan kembali aktivitas perekonomian masyarakat, terutama di sekitar Sicincin dan Padangpanjang. Selain itu, sektor pariwisata juga diyakini akan kembali bergeliat.

Sebelumnya, pada Kamis 18 Juli 2024 telah dilakukan uji coba pembukaan lalu lintas di jalur ini. Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, turut hadir dalam uji coba tersebut bersama sejumlah pejabat terkait.

Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Sumbar, Thabrani, menjelaskan bahwa terdapat 16 titik di sepanjang jalur Lembah Anai yang mengalami kerusakan berat akibat bencana banjir bandang. Saat ini, 13 titik di antaranya masih dalam tahap pengerjaan. Target nya seluruh pekerjaan perbaikan dapat selesai pada 31 Oktober mendatang.

Dengan dibukanya kembali jalur Lembah Anai, diharapkan mobilitas masyarakat dan distribusi barang dapat berjalan lancar.

Sumber : padek.jawapos.com

No comments

Powered by Blogger.