Header Ads

Header ADS

Kandungan dan Manfaat Buah Naga Kuning bagi Kesehatan


Buah naga kuning merupakan buah yang berasal dari wilayah Amerika Selatan. Buah ini memiliki kulit berwarna kining yang lunak dengan daging buah berwarna putih. Dibandingkan buah naga merah, buah naga kuning memiliki rasa yang lebih manis dan ukuran biji yang lebih besar.

Selain itu, buah naga kuning juga mengandung antioksidan yang tinggi sehingga cocok dimasukkan sebagai pilihan makanan sehat yang bisa dikonsumsi setiap hari.

Kandungan Nutrisi Buah Naga Kuning

Di dalam semangkuk kecil buah naga kuning atau setara dengan 180 gram terdapat 103 kalori dan beberapa nutrisi berikut ini:

  • 28 gram karbohidrat
  • 6 gram serat
  • 16 miligram kalsium
  • 13 miligram magnesium
  • 209 miligram kalium
  • 22 miligram fosfor
  • 8 miligram vitamin C

Selain itu, buah naga kuning juga mengandung beberapa senyawa alami yang bersifat antioksidan, seperti flavonoid, fenolik, karotenoid, dan likopen.

Berbagai Manfaat Buah Naga Kuning

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah naga kuning yang bisa Anda peroleh jika mengonsumsinya secara rutin:

1. Melancarkan pencernaan

Di dalam buah naga kuning terkandung banyak serat alami yang bisa membantu melancarkan proses pencernaan dan mencegah sulit buang air besar (BAB). Nutrisi tersebut bisa membuat tekstur tinja menjadi lebih lembut, sehingga mudah dikeluarkan saat BAB.

Selain itu, buah naga kuning juga mengandung prebiotik yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di saluran cerna. Efeknya, kesehatan saluran cerna akan lebih terjaga.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mengonsumsi buah naga kuning secara rutin diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C bisa membantu produksi sel darah putih yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi. Tidak hanya itu, senyawa antioksidan di dalamnya juga dapat menangkal efek paparan radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit. 

3. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat buah naga kuning lainnya adalah dapat mengontrol kadar gula darah. Ini karena serat dalam buah naga kuning bisa memperlambat proses pencernaan makanan sehingga kadar gula darah tidak melonjak dengan cepat, terutama setelah mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat. Manfaat ini sangat baik dirasakan oleh penderita diabetes tipe-2

4. Menjaga berat badan ideal

Buah naga kuning menjadi salah satu buah yang baik dikonsumsi ketika sedang menjalani diet sehat. Rendahnya kalori dan tingginya serat yang terkandung dalam buah naga kuning bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, nafsu makan Anda akan lebih terkontrol.

5. Meningkatkan kesehatan kulit

Tak hanya baik untuk organ di dalam tubuh, buah naga kuning juga cocok dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan kulit. Kandungan vitamin C dan senyawa antioksidan di dalamnya dapat membantu meningkatkan produksi kolagen. Kolagen sendiri berperan penting dalam menjaga struktur kulit sekaligus merangsang produksi sel kulit baru, sehingga kulit menjadi lebih halus dan lembut. 

6. Menjaga kesehatan tulang

Tingginya kandungan kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor dalam buah naga kuning dapat menjaga kesehatan tulang. Hal ini karena keempat mineral tersebut diperlukan tubuh untuk membentuk sel tulang baru dan menjaga kepadatan tulang. 

Manfaat tersebut juga didukung oleh beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa mencukupi asupan kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor dapat mengurangi risiko terkena osteoporosis.

7. Menjaga kesehatan jantung

Buah naga kuning termasuk salah satu buah yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini berkat kandungan asam lemak omega-3 dan asam lemak omega-9 dalam biji buah naga kuning. Kandungan asam lemak ini dapat mengurangi kadar kolesterol tinggi yang merupakan faktor risiko dari penyakit jantung.

Manfaat buah naga kuning dalam memelihara kesehatan jantung juga diperoleh dari kandungan senyawa antioksidan, khususnya flavonoid, yang dapat mengurangi peradangan di pembuluh darah jantung. Dengan begitu, risiko terkena penyakit jantung pun makin rendah.

8. Mengurangi risiko terkena penyakit kanker

Vitamin C dalam buah naga kuning terbukti mampu mengurangi jumlah sel kanker dalam tubuh. Selain itu, senyawa antioksidan lain, seperti flavonoid, likopen, karotenoid, dan fenolik dalam buah ini juga bisa mencegah kanker dengan cara melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Buah naga kuning bisa langsung dimakan sebagai makanan sehat sehari-hari. Selain itu, Anda juga bisa menjadikan buah naga kuning menjadi jus, smoothies, dan salad buah. 

Meski jarang terjadi, buah naga kuning mungkin juga bisa menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang. Beberapa gejala reaksi alergi yang mungkin terjadi setelah makan buah naga kuning adalah lidah bengkak, gatal-gatal, sesak napas, mengi, atau muntah.

Apabila Anda ingin mendapatkan manfaat buah naga kuning tetapi memiliki alergi terhadap jenis buah tertentu, Anda bisa berkonsultasi dahulu dengan dokter. 

Sumber : alodoc.com

 

 

No comments

Powered by Blogger.