Header Ads

Header ADS

Pentingnya Zat Besi dalam Susu Formula Soya untuk Anak Tidak Cocok Susu Sapi


Kondisi tidak cocok susu sapi pada anak membuat si Kecil tidak bisa mengonsumsi susu dan produk turunannya. Padahal, anak tidak cocok susu sapi butuh asupan nutrisi, seperti, zat besi, vitamin C dan mineral lain. Guna menghadapinya, berikut ini sejumlah hal yang perlu dipahami terkait pemberian nutrisi dan vitamin untuk anak tidak cocok susu sapi.

Mengenal nutrisi untuk anak yang tidak cocok susu sapi

Susu sapi dikenal sebagai sumber nutrisi terbaik. Bahkan, tak hanya kalsium, susu sapi juga mengandung berbagai nutrisi lain, seperti protein, zat besi, dan vitamin yang menjadikannya bermanfaat bagi pertumbuhan anak.

Namun, reaksi penolakan yang terjadi pada tubuh sebagian anak dengan tidak cocok susu sapi membuat  nutrisi yang terdapat dalam susu tidak dapat terserap dengan sempurna.

Akibatnya, produk susu sapi dan turunannya pun harus dihindari, sehingga dapat memicu risiko anak kekurangan nutrisi.

Guna memenuhi kebutuhan nutrisinya, anak dengan kondisi tidak cocok susu sapi perlu mendapatkan asupan gizi dari makanan, khususnya yang banyak mengandung zat besi.

Pasalnya, sebagian anak yang tidak cocok susu sapi relatif berisiko mengalami kekurangan zat besi. Padahal, zat besi berguna dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan kognitif anak.Sayangnya, tidak semua anak bisa memenuhi kebutuhan zat besi hariannya dikarenakan oleh faktor alergi yang membatasi mereka dalam mengonsumsi makanan tertentu.

Selain itu, kebutuhan zat besi juga tidak cukup jika hanya dipenuhi dari asupan makanan, anak juga tetap perlu mengonsumsi susu untuk memenuhi zat besi hariannya.

Dalam memberikan asupan yang mengandung zat besi berupa susu, pastikan Anda memberikan susu formula yang tepat untuk anak terutama jika ia tidak cocok susu sapi.

Anda dapat memberikannya susu formula soya yang tetap dapat memastikan kebutuhan nutrisinya tercukupi.

Nutrisi untuk anak tidak cocok susu sapi

Anak dengan kondisi tidak cocok susu sapi memerlukan asupan nutrisi yang lengkap agar tetap dapat tumbuh secara optimal.

Jika si kecil mengalami kekurangan berbagai nutrisi, ini akan menyebabkan si kecil rentan terkena berbagai penyakit, seperti infeksi.

Tak hanya itu, kekurangan asupan nutrisi juga dapat meningkatkan risiko gangguan perkembangan, sistem saraf, serta tulang dan gigi.

Tentunya semua penyakit akibat kekurangan nutrisi ini berisiko mengganggu proses pertumbuhan si kecil.

Meski si kecil tidak dapat memperoleh semua nutrisi dari susu sapi akibat kondisi tidak cocok susu sapi, Anda dapat mencari sumber makanan lain untuk menggantikan susu sapi agar asupan nutrisi tetap bisa terpenuhi.

Beberapa makanan pengganti yang bisa Anda berikan kepada si kecil, antara lain:

  • ikan,
  • telur,
  • hati sapi,
  • bayam,
  • brokoli,
  • kacang-kacangan, dan sebagainya.

Di dalam asupan ini terdapat nutrisi yang terbilang cukup variatif, misalnya seperti zat besi sekaligus vitamin.

Dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat besi sekaligus vitamin C, ini akan membuat zat besi jadi lebih mudah terserap karena adanya kombinasi molar zat besi dan vitamin C yang tepat, seperti IronC.

Hal ini sangat penting mengingat bahwa anak yang tidak cocok susu sapi berisiko mengalami kekurangan zat besi.

Kurangnya asupan zat besi dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan anak mengalami anemia defisiensi besi, gangguan pertumbuhan, dan keterlambatan dalam proses belajar.

Oleh karena itu, pemenuhan asupan IronC sangat penting bagi pertumbuhan anak dengan tidak cocok susu sapi.

Bagaimana mendapatkan asupan zat besi dan vitamin C?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, asupan zat besi dan vitamin C sangat penting bagi anak dengan tidak cocok susu sapi.

Perlu Anda Ketahui

Selain memberikan makanan yang kaya akan kedua nutrisi tersebut pada si kecil, Anda juga bisa memberikannya susu alternatif pengganti susu sapi, seperti susu berbasis isolat protein soya, yang mengandung kombinasi zat besi dan vitamin C.

Anda bisa memilih susu formula soya yang dilengkapi pula dengan berbagai nutrisi seperti kombinasi vitamin C dan zat besi, DHA, serta omega 3&6 yang dapat mendukung pertumbuhan buah hati.

SGM Eksplor ISOPRO SOY sebagai susu soya no.1 yang dilengkapi dengan kombinasi unik iron dan vitamin C serta DHA untuk membantu mengoptimalkan kekebalan tubuh dan tumbuh kembang anak yang tidak cocok susu sapi.

Sumber : hellosehat.com

No comments

Powered by Blogger.